Minggu, 10 Maret 2013

hidroponik dan vertikultur dengan memanfaatkan barang bekas/sampah

vertikultur anggrek dan sayuran
Di atap rumah tepatnya lantai 2 rumah saya yg sudah didak/dicor.saya manfaatkan sebagai taman atau kebun mini.dilantai ini panasnya minta ampun.jadi kepikir ide untuk buat kebun mini.setelah saya pasang paranet beberapa meter saja untuk tempat berteduh sekalian naungan buat tanaman yg nggak tahan panas. Disini selain koleksi beberapa anggrekku.aku juga nanem sayuran.nggak banyak sih.namanya juga belajar. Untuk sayuran aku mengusahakan se organik mungkin.seperti seledri,kangkung,dan bayam. Untuk media tanam aku menggunakan tanah,serbuk gergaji,pupuk kandang=1:1:1. Sedangkan media tanam hidroponik aku menggunakan serbuk gergaji,kompos/bokasi/pupuk kandang=1:1.




vertikulture hidroponik kangkung dengan menggunakan botol plastik

Vertikulture hidroponik umumnya menggunakan pipa pvc.tapi berkebun nggak harus mahal kan?.ada banyak cara buat berkebun.nggak harus punya tanah luas.dinding,tembok pagar bisa disulap jadi taman.kalo ada yg murah kenapa tidak.lagian kita bisa manfaatin botol2 itu.daripada hanya numpuk sebagai sampah.dan hidroponik seperti ini lebih hemat tempat dan perawatan.


Nah yg ini bisa dibilang percobaan.mulanya aku coba nanem bawang pre dari biji dengan cara hidro.tumbuh sih tapi lama banget besarnya.cari di google,ketemu cara efektif dan cepat.caranya ,beli bawang pre dipasar.beli yg ada akarnya walau dikit banget nggak apa.potong semua daunnya yg berwarna hijau beberapa cm dari batang yg berwarna putih.trus tancapkan deh kemedia tanam.jadi deh seperti gambar diatas.ini dulu cuma 1batang loh.sekarang...hitung yah...






Yang ini gambr semaian sawi pahit dan pakcoy.




6 komentar:

  1. Naksir bawang daunnya bu, seger betul. Trus untuk yg kangkung, sudah lama kepikiran pingin nyoba yg pakai botol gitu, tapi belum kesampaian.

    BalasHapus
  2. alhamdulilah pak..sedikitx bisa dimakan keluarga.banyakx bisa dinikmati mata sebagai penghijauan.apalagi bisa berbagi sama tetangga..

    BalasHapus
  3. wah jadi ngebet ikutan nyoba hidroponik, tp buat modal awal mesti nyiapin tanah humus, botol aqua, konsep media tanamnya biar gak kelihatan kumuh..krn rencana prakteknya di depan rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau keren dikit pake pipa pvc 3".tapi musti dibor tu buat lobang naruh netppot/gelas aquanya.modal jadi lebih besar...saya sih yang begini aja murmer..hehehe...

      Hapus
  4. Bu... itu yang bawang pre potnya pakai sumbu yang terhubung pada air/nutrisi di bawahnya ya? bisa dijelaskan cara membuat potnya? masih belum ngeh. hehehe. makasih banyak.. :)

    BalasHapus