Jumat, 30 November 2012

Buat hidroponik sederhana 1


Waktu itu aku kebanyakan menyemai benih tomat dan terong.sudah separuh kupindahkan ke polybag besar.sisanya sayang kalo dibiarkan gerumbul dipersemaian.karena dampaknya bibit jadi kuntet. Maslahnya aku kehabisan metan.bingung2 cari solusi di google,gimana cara mngirit metan.maklum untuk mendapatkan tanah aku harus beli.dan nggak mungkin harus beli berkarung karung.padahal tanam menanam ini Cuma sekedar hobi ngisi waktu senggang.

Kebetulan stok sebuk gergaji banyak.akhirnya aku coba hidroponik.untuk media polybag aku pakai campuran tanah:serbuk gergaji(serger):kompos:arang sekam=1:1:1:1.hasilnya porus banget. Untuk metan hidroponik ku aku sudah coba berbagai campuran metan.antara lain:
 1. Metan serger saja:media cepat kering pada bagian permukaan.tanaman cepat layu.
 2. Metan campuran pasir halus:kompos:sekam bakar:1:1:1=media kelihatan lembab selalu.pertumbuhan akar memenuhi seluruh isi pot atas.pertumbuhan batang pendek.pertumbuhan daun lebih lebar.
3. Metan campuran arang sekam+kompos:1:1=media kelhatan bagus,tidak terlalu lembab.akar cepat menjalar ke sumbu.pertumbuhan batang cepat.terbukti terong hidroponikku lebih cepat tinggi daripada yg pake media campuran ke-2.walaupun jumlah daun sama dengan percobaan metan no 2.

untuk sistem hidroponiknya aku pake sistem sumbu dengan menggunakan kain flanel.potnya aku gunakan botol kemasan aqua.
seperti ini contohnya.

dan ini hasil percobaanku
sekali lagi ini masih percobaan....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar