Jumat, 29 November 2013

Aku dan DVT

Kuputuskan untuk menulis di blogku ini semata mata hanya untuk berbagi pengalaman.tanpa meminta rasa belas kasih.bahwasanya hidup dengan penyakit dvt bisa bertahan.

Suatu malam aku menggigil.kulihat jam tanganku, waktu menunjukan jam 10malam.wah...aku mau kumat...pikirku.padahal sedari pagi hingga menjelang tidur malam aku merasa sehat.tiba2 aku menggigil.tubuhku terasa panas.aku meriang.tulang2 ku rasanya remuk semua.nyeri dan ngilu.sudah 36 tahun aku menderita sakit ini.tentu aku hapal sekali kalau sakitku ini mau kambuh.tubuhku semakin memanas.seiring dgn itu kaki kananku sudah tak bisa digerakkan.karena nyeri sekali.dibelakang lututku membengkak.begitu juga diselangkanganku(bukan dialat vital).
seiring dgn itu disekitar paha muncul urat2 merah seperti varises.kalau sudah mau kambuh begini, biasanya aku cepet minum obat.
Biasanya aku minum parasetamol atau neo remasil.entah sudah berapa kali kuminum obat ini.sudh bertahun tahun.aku tak ingat pastinya.kenapa aku ndak kedokter? .dulu pernah aku kedokter cuma dikasih parasetamol.

kalau sdh begini cepat minum
Obat adalah yg terpenting.sebab kalau lambat sedikit saja, aku sudah keburu muntah2 .dan kalau sdh sekali muntah,alamat lama aku sehat lagi.sebab kalau aku sdh muntah , perutku tdk bisa diisi setetes air pun.minum obat aja keluar juga obatnya.diisi apapun keluar langsung.sampe dada dan perutku sesak gara2 muntah.

Malam itu seperti biasa kalau aku kambuh.aku minum parasetamol.tpi telat, aku terburu muntah.maka jadilah malam itu muntah sepanjang malam.
keesokan paginya,aku belum juga sehat.muntah terus, badanku panas.tulang2 badanku nyeri semuua.kaki kananku membengkak hebat.mata kakiku tdk terlihat lagi.malamnya aku sdh muntah 9x.kesokan subuhnya aku minta dibawa ke ugd.aku sdh nggk kuat.badanku loyo abis.aku mungkin sekarat.dadaku sesak karna muntah terus.

Sesampainya di ugd, aku langsung diinfus.disuntik 1x.diambil sampel darahku.aku dilanda kehausan tingkat tinggi.aku minum seteguk.aneh nggak muntah..pikirku.. topcer...muntahku mampet..ternyata aku sudah ndak muntah lagi.aku jdi kelaperan.suamiku belikan aku bubur kacangijo dikantin RS.sayangaku hanya merasa lapar.nafsu makanku langdung hilang ketika baru 2 suapan bubur.lidahku terasa pahit.sama dokter aku ditanya tanya.ndak lama menunggu hasil cek darahku keluar.kolesterol normal,asam urat ,gula darah, normal semua.kecuali sel darah putih yg agak melebihi normal.sebeb itu aku dianjurkn untuk diopname.suamiku setuju sj.karna kakiku bengkak parah.
di ugd selain diinfus dan diambil sampel darahnya.aku jg menjalani ekg.entah hasilnya bagaimana.yg jelas saat sdh diruang perawatan aku disuntik 3  suntikan pagi siang dan malam.trus ada lagi suntikan yg disuntikan diperutku.kata suster yg diperut ini buat jantungku.aku makin curiga .sakit apa aku ini?.mungkinkah aku sakit jantung?yg sakit kakiku kok jantungku yg diobati?.
Keesokan pagi sekitar jam9 saat kunjungan dokter jantung, aku sempatkan bertanya.ternyata namanya penyakitku ini DVT.aku tidk meminta dokter itu menerangkan .aku bisa searcing digoogle pikirku.o ..ya aku sempat jg jengkel dgn diagnosa dokter jaga diugd.masak aku divonis kena lupus.hihihi....mungkin aku sdh tdk bertahan hingga kini.

setelah browsing cari dvt.akhirnya aku menemukan jawaban.gejala dan ciri cocok dgn sakit yg kuderita.ooo...aalllaaaa ternyata selama 36 tahun ini aku menderita dvt.bahasa awamnya penyempitan pembuluh darah dikaki.

Minggu, 03 November 2013

Berhidroponik dengan bahan limbah 1

Lama sekali aq ndak pernah posting.abiiss sibuk percobaan terus sih.hehehe......

Kali ini aq mau bahas tentang hidroponik dengan menggunakan bahan yg murah meriah.hidroponik itu nggak harus mahal kan.disekitar kita banyak yg bisa kita aplikasikn buat menyalurkan hobi menanam.

Pengen punya pot seperti ini.pot ini kuaplikasikan buat tanaman hidroponik.dgn botol pula lah sy pertama kalinya belajar hidroponik.maklum untuk membeli pipa seperti para hidroponiker yg bertebaran di google ,aku belum sanggup.karna harga pipa pvc perbatangnya cukup mahal.dan hobiku ini tidak cukup hanya satu batang.makanya aku mencobanya degan botol dulu.ya...itung2 go green hehehehe....

Di seri 1 ini aq akan membahasa tehnik hidroponik sistem wik dgn menggunakan botol air mineral.untk botol tdk harus botol mineral botol plastik apapun bisa kok.cuma sy lebih sreeg dgn botol aq**.coz botol tsb lebih besar.yg botol kecilnya ada,tapi nggak bisa muat banyak.

Aku memilih botol, karna botol adalah bahan sampah yg mudah ditemui dimana saja.botol2 ini jika tdk dipungut pemulung akan jadi sampah kota.karna kebiasaan orang habis minum airnya botolnya dibuanh sembarangan.botol ini juga murah meriah.kalo yg punya mental muka tembok ya...bisa mungut dijalan.kalo yg pemalu bisa kok pesen ato beli sama pemulung.satu botolnya dihargai rp250.

Ok sekarang kita buat modulnya.bahan yg perlu disiapkan yaitu:
1.botol plastik seperti aq** dll.
2.cat minyak yg encer sekali.
3.kawat
4.gunting,cuter,spidol
5.gelas aq**ato gelas al*2.
5.tanaman hidro yg sudah siap pindahtanam.
6. Nutrisi siap pake

Pertama botol di ukur dulu dgn menggunakan gelas .yg dijadikan  ukuran adalah mulut gelasnya.buat pola mulut gelas pd botol dengan menggunakan spidol permanen.

Lalu tusuk botol dengan pisau/cuter  pada bagian dalam linhkaran spidol.kalo pas pd garis spidolnya, dikuatirkan lubang akan krbesaran.dan nyamuk akan bisa masuk melalui lubang tsb.setelah ditusuk dengan cuter lanjutkan dengan gunting.gunting sampai membentuk lingkaran.

Buat lingkaran yang sama pd botol.untuk satu botol bisa dibuat dua lingkaran untuk gelas pop es.sedangkan untuk gelas ale2 bisa dibuat 3 lubang.

Setelah lubang dibuat , botol tersebut kemudian dicat.untuk pengecatan gunakan cat minyak dengan warna sesuka anda.untuk pengecatan usahakan dibuat seencer mungkin.gunanya supaya airnya bisa nampak dari luar kalo airx abis.
Tips : dilarang menggunakan cat putih dan warna terang lainnya.sebab warna tersebut bisa mengundang lumut.lumut jika sudah ada dalam nutrisi sangat menggangu pertumbuhan tanaman.

Setelah itu buat gantungan pd botol.dengan menusuknya dengan menggunakan solder ato paku yang dipanaskan.pasang kawatnya.

Sampai disini pembuatannya sudah selesai.untuk menggantungkan pada dinding kayu.kita buatkan dulu gantungannya.pasang paku pd dinding 2 biji.lalu ikat botol pd paku
Jika digantung didinding tembok bisa menggunakan bor.dinding dibor dulu.lalu masukkan fisher 2 biji pd lubang yg sudah dibor.lalu masukkan paku pd lubang itu.lalu gantung pot botol dgn melilitkan kawatnya.
Untuk lebih berkreasi dengan botol yang banyak.bisa menggunakan cara ini.botol yang bawah, kedua kawatnya dikaitkan pd botol diatasnya.begitu seterusnya pd botol dibawahnya.